Kamis, 09 Agustus 2018

Pemrograman Jaringan (TCP dan Virtual Box)


Membuat Program Komunikasi Dengan Mengunakan Protokol TCP dan Virtual Box


Pada penulisan ini, saya akan membahas bagaimana cara berkomunikasi dengan menggunakan protocol TCP. Pada pemrograman ini saya menggunakan VirtualBox sebagai media menjalankan Sistem Operasi. Saya menggunakan Virtualbox untuk menggunakan fitur virtualisasinya sehingga kita bisa menjalankan beberapa instansi Sistem Operasi sekaligus tanpa perlu perangkat lebih dari satu dan tanpa perlunya partisi apalagi Hard Disk tambahan. Untuk Sistem Operasi yang akan saya gunakan pada pemrograman ini yaitu  Sistem Operasi Linux dengan distro Ubuntu. Disini saya akan menggunakan 2 jenis Sisem Operasi yaitu Sistem Operasi yang diperuntukan untuk menjadi Server dan juga Sistem Operasi yang diperuntukan untuk menjadi Client, untuk sisi Server sendiri saya akan menggunakan Ubuntu-16.04.1-server-i386, dan untuk sisi Client saya akan menggunakan Ubuntu-16.04.1-desktop-i386.


Disini saya akan menggunakan bahasa pemrograman Python. Pertama kita harus jalankan kedua VM yaitu VM Server dan VM Client. Setelah itu kita buat script untuk sisi Server dengan menggunakan perintah sebagai berikut :



Kemudian kita akan mengisikan script tersebut dengan kodingan berikut ini :


Setelah selesai memasukkan script tersebut kita bisa langsung keluar sekaligus menyimpan nya, lalu membuat script untuk sisi Client dengan perintah sebagai berikut :


Kemudian kita akan mengisikan script tersebut dengan kodingan berikut ini :


Jika sudah, kita bisa langsung keluar sekaligus menyimpan nya, lalu kita bisa mulai menjalankan script yang terdapat pada sisi Server dengan perintah sebagai berikut :


Setelah itu kita bisa menjalankan script pada sisi Client dengan menggunakan perintah sebagai berikut :


Setelah menjalankan perintah untuk mengaktifkan server, kita akan mendapatkan pemberitahuan sebagai berikut pada sisi Server :


Sementara pada sisi Client kita akan mendapatkan pesan pembuka yang berisi panduan perintah yang dapat digunakan oleh Client. Disini kita akan diminta untuk mengetikkan nama kita pada sisi Client yang digunakan sebagai identitas kita pada aplikasi tersebut. Tampilannya seperti berikut :


Setelah itu kita bisa mulai mengirimkan pesan dari sisi Client ke sisi Server seperti berikut ini :


Ketika kita mengirim pesan dari Client ke Server maka pesan kita akan muncul dengan format sebagai berikut :


Kemudian kita akan mencoba untuk menggunakan perintah "keluar" dimana perintah ini akan mengeluarkan kita dari sisi Client dan menghentikan script pada sisi Server seperti berikut :


Hasil dari perintah "keluar" tersebut akan memunculkan pemberitahuan sebagai berikut pada sisi Client:















Tidak ada komentar:

Posting Komentar