Rabu, 08 Agustus 2018

Pemrograman Jaringan (IPtoName)


Source Code Program Untuk Memberikan Nama IP (IPtoName) Dengan Java

Pada penulisan berikutnya, saya akan membuat sebuah program menggunakan bahasa Pemrograman  Java untuk mendapatkan nama IP komputer. Berikut listing programnya :


Disini saya akan membahas perbaris pada program diatas. Baris program yang pertama yaitu :

import java.net.*;

Source code diatas berfungsi untuk pemanggilan kelas dari method “java.net” pada pemrograman java dimana kelas method tersebut berguna untuk membuat suatu komunikasi jaringan dalam sebuah program. Lalu baris source code selanjutnya yaitu :

public class IPtoName {

Source code diatas maksudnya kita akan membuat class dengan nama IPtoName. Lalu source code selanjutnya yaitu :

public static void main(String args[]){

Source code diatas berisikan perintah yang harus kita tulis ketika kita ingin membuat program. Source ini mengindikasikan nama suatu method dalam class yang kita buat, yang bertindak sebagai method utama. Lalu source code selanjutnya :

if (args.length == 0) {
System.out.println("Pemakaian: java IPtoName <IP address>");
System.exit(0); }

Source code diatas merupakan perintah percabangan if. Pada peritah if ini diberikan kondisi args.length==0, yang artinya panjang dari suatu argument. Jika kondisi ini terpenuhi, maka akan mencentak teks “Pemakaian: java IPtoName <IP address>”. Pada <IP address> isikan alamat ip yang Anda inginkan. Kemudian perintah System.exit(0) berfungsi untuk mengakhiri program. Lalu source code selanjutnya yaitu :

String host = args[0];              

Source code diatas berfungsi untuk mendeklarasikan variable host dengan tipe data String. Kemudian variable host ini diberi nilai sama dengan args yang berbentuk array. Lalu source code selanjutnya yaitu :

InetAddress host = null;

Source code diatas berfungsi untuk membuat variable InetAddress dengan nama host. Variable ini diberikan nilai null, yang artinya tidak boleh kosong. Lalu source code selanjutnya :

try {
address = InetAddress.getByName(host);
} catch (UnknownHostException e) {
System.out.println("invalid IP - malformed IP");
System.exit(0);
}

Source code diatas merupakan perintah try catch yang berfungsi menangani suatu kesalahan atau error pada suatu listing program. program akan menjalankan listing program yang terdapat di dalam blok try yaitu mengambil address atau alamat berdasarkan nilai InetAddress dengan memanggil kelas getByName sesuai host yang kita miliki. Jika dalam program terdapat suatu kesalahan, maka kesalahan/error tersebut akan ditangani oleh blok catch dengan perintah mencetak teks “invalid IP - malformed IP”. Kemudian perintah System.exit(0) berfungsi untuk mengakhiri program. Lalu source code selanjutnya yaitu :

System.out.println(address.getHostName()); } }

Source code diatas berfungsi untuk mencetak address dengan memanggil method getHostName.

Program diatas jika kita jalankan akan menampilkan output seperti berikut ini :


Tidak ada komentar:

Posting Komentar