Rabu, 08 Agustus 2018

Pemrograman Jaringan (Get IP)


Source Code Program Untuk Mendapatkan Alamat IP Komputer (Get IP) Dengan Java

Pada penulisan ini, saya akan membuat sebuah program menggunakan bahasa Pemrograman  Java untuk mendapatkan alamat IP komputer. Berikut listing programnya :


Disini saya akan membahas perbaris pada program diatas. Baris program yang pertama yaitu :

import java.net.*;

Source code diatas berfungsi untuk pemanggilan kelas dari method “java.net” pada pemrograman java dimana kelas method tersebut berguna untuk membuat suatu komunikasi jaringan dalam sebuah program. Lalu baris source code selanjutnya yaitu :

public class getIP {

Source code diatas maksudnya kita akan membuat class dengan nama getIP. Lalu source code selanjutnya yaitu :

public static void main(String args[]) throws Exception {

Source code diatas berisikan perintah yang harus kita tulis ketika kita ingin membuat program. Source ini mengindikasikan nama suatu method dalam class yang kita buat, yang bertindak sebagai method utama. Throws exception digunakan untuk memberitahu bahwa method yang bersangkutan dapat melempar eksepsi dengan tipe yang dideklarasikan oleh keyword throws tersebut. Lalu source code selanjutnya :

InetAddress host = null;

Source code diatas berfungsi untuk membuat variable InetAddress dengan nama host. Variable ini diberikan nilai null, yang artinya tidak boleh kosong. Lalu source code selanjutnya :

host = InetAddress.getLocalHost();

Source code diatas berfungsi memberi nilai host yaitu InetAddress yang disertai pemanggilan class getLocalHost() yang terdapat didalam method java.net. Class ini berfungsi untuk mengambil local host pada computer kita. Lalu source code selanjutnya yaitu :

byte ip[] = host.getAddress();

Source code diatas berfungsi mendeklarasikan variable ip dengan tipe data array dan byte. Kemudian variable ip ini diberikan nilai host yang disertai pemanggilan class getAddress() yang terdapat didalam method java.net. Class ini berfungsi untuk mengambil alamat ip pada komputer kita.  Lalu source code selanjutnya yaitu :

for (int i=0; i<ip.length; i++) {
if (i > 0) {
System.out.print("."); }
System.out.print(ip[i] & 0xff); }
System.out.println(); } }

Source diatas merupakan fungsi perulangan for. Pada variable i dideklarasikan dengan tipe data integer. Kemudian variable i diberi nilai awal 0, dengan kondisi i kurang dari panjang ip dan counternya i++. Source code diatas berfungsi untuk mengambil alamat ip pada computer kita. Selanjutnya alamat ip tersebut akan disimpan pada variable array byte ip. Operatir & dan 0xff digunakan untuk menampilkan variable ip dalam bentuk decimal agar IP address yang ditampilkan benar.

Program diatas jika kita jalankan akan menampilkan output seperti berikut ini :



Tidak ada komentar:

Posting Komentar