Rabu, 08 Agustus 2018

Pemrograman Jaringan (Get Name)


Source Code Program Untuk Mendapatkan Nama Komputer (Get Name) Dengan Java

Pada penulisan berikutnya, saya akan membuat sebuah program menggunakan bahasa Pemrograman  Java untuk mendapatkan nama komputer. Berikut listing programnya :


Disini saya akan membahas perbaris pada program diatas. Baris program yang pertama yaitu :

import java.net.*;

Source code diatas berfungsi untuk pemanggilan kelas dari method “java.net” pada pemrograman java dimana kelas method tersebut berguna untuk membuat suatu komunikasi jaringan dalam sebuah program. Lalu baris source code selanjutnya yaitu :

public class getName {

Source code diatas maksudnya kita akan membuat class dengan nama getName. Lalu source code selanjutnya yaitu :

public static void main(String args[]) throws Exception {

Source code diatas berisikan perintah yang harus kita tulis ketika kita ingin membuat program. Source ini mengindikasikan nama suatu method dalam class yang kita buat, yang bertindak sebagai method utama. Throws exception digunakan untuk memberitahu bahwa method yang bersangkutan dapat melempar eksepsi dengan tipe yang dideklarasikan oleh keyword throws tersebut. Lalu source code selanjutnya :

InetAddress host = null;

Source code diatas berfungsi untuk membuat variable InetAddress dengan nama host. Variable ini diberikan nilai null, yang artinya tidak boleh kosong. Lalu source code selanjutnya :

host = InetAddress.getLocalHost();

Source code diatas berfungsi memberi nilai host yaitu InetAddress yang disertai pemanggilan class getLocalHost() yang terdapat didalam method java.net. Class ini berfungsi untuk mengambil local host pada computer kita. Lalu source code selanjutnya yaitu :

System.out.println("Nama komputer Anda: " +
host.getHostName()); } }

Source code diatas berfungsi untuk mencetak “Nama computer Anda” disertai dengan nama computer yang kita gunakan.

Program diatas jika kita jalankan akan menampilkan output seperti berikut ini :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar