Rabu, 18 Januari 2017

Teknologi Dalam Pembuatan Game Tebak Gambar

Teknologi Dalam Pembuatan Game Tebak Gambar

Hello reader, postingan yang sebelumnya saya sudah membahas tentang game mobile “Tebak Gambar”. Dan pada postingan ini saya akan membahas teknologi-teknologi yang dapat digunakan untuk membuat game “Tebak Gambar”.
Teknologi itu memiliki lebih dari satu definisi. Salah satunya adalah pengembangan dan aplikasi dari alat, mesin, material dan proses yang menolong manusia menyelesaikan masalahnya. Sebagai aktivitas manusia, teknologi mulai dikenal sebelum sains dan teknik. Teknologi dibuat atas dasar ilmu pengetahuan dengan tujuan untuk mempermudah pekerjaan manusia. Kata teknologi sering menggambarkan penemuan dan alat yang menggunakan prinsip dan proses penemuan saintifik yang baru ditemukan. Meskipun demikian penemuan yang sangat lama seperti roda juga disebut sebuah teknologi.
Pada pembuatan game Tebak Gambar kita dapat menggunakan berbagai macam aplikasi seperti Unity, App Inventor, APK Fast Builder dan lain-lain. Disini saya akan membahas pembuatan game Tebak Gambar dengan menggunakan Unity.
Unity 3D

Unity merupakan suatu aplikasi yang digunakan untuk mengembangkan game multi platform yang didesain untuk mudah digunakan. Unity itu bagus dan penuh perpaduan dengan aplikasi yang professional. Didalam unity, kita dapat memilih platform Android yang digunakan untuk membangun aplikasi dengan OS Android. Platform Android ini yang digunakan untuk membuat game Tebak Gambar.
Pada Unity terdapat Server aset yang dapat digunakan semua scripts dan aset game sebagai solusi dari versi kontrol dan dapat mendukung proyek yang terdiri atas banyak gigabytes dan ribuan dari file multi-megabyte. Editor Unity dapat menyimpan metadata dan versi mereka, itu dapat berjalan, pembaharuan dan didalam perbandingan versi grafis. Editor Unity dapat diperbaharui dengan sesegera mungkin seperti file yang telah dimodifikasi. Pada server asset inilah diletakkan berbagai script, texture, sprite dan lain-lain untuk membangun game Tebak Gambar ini.
Pada bagian sprite, fungsinya adalah untuk menyimpan soal-soal untuk setiap level. Soal-soal tersebut berbentuk berbagai jenis gambar. Begitu juga dengan folder texture, file texture ini akan digunakan sebagai GUI dari game Tebak Gambar
Selanjutnya dibuat HUD sebagai salah satu system dalam game. Komponen yang akan pasang adalah berupa status dengan menggunakan Label dan Button yang terdiri dari : Menampilkan Life / darah / kesempatan menjawab, tombol bantuan yang akan menampilkan clue, serta timer untuk level yang menggunakan waktu. Untuk itu digunakannlah script yang terdapat di folder scripts.
Kemudian dibuatlah terlebih dahulu script yang akan digunakan sebagai GUI Resizer atau scaler. Ini berfungsi untuk membuat posisi masing-masing GUI / HUD fixed. Seperti yang kita tahu device Android memiliki resolusi layar yang berbeda-beda, untuk meng-handle tersebut  akan digunakan Resizer supaya GUI yang  dibuat fixed disemua screen.
Dalam game tersebut satu level terdapat beberapa stage, ketika player berada pada stage satu kemudian stage selanjutnya (stage 2) terkunci, maka otomatis Life & Help dalam keadaan maksimal. Kemudian ketika player finish stage satu kemudian berada pada stage 2, Life & Help meneruskan Life & Help dari stage (sebelumnya). Namun ketika stage dua sudah terbuka, terus player bermain lagi di stage satu, Life dan Health tetap dengan value sebelumnya (Gak reload / keadaan awal). Untuk itu dimasukkanlah scripts yang akan mengaturnya.
Proses diatas adalah utnu membuat satu stage di game Tebak Gambar.untuk stage selanjutnya caranya kurang lebih sama.
Itulah penjelasan singkat saya tentang teknologi yang digunakan dalam pembuatan game Tebak Gambar. Terima kasih sudah membacanya.


Referensi :







Tidak ada komentar:

Posting Komentar