Teknologi Dalam Pembuatan Game
Tebak Gambar
Hello
reader, postingan yang sebelumnya saya sudah membahas tentang game mobile “Tebak
Gambar”. Dan pada postingan ini saya akan membahas teknologi-teknologi yang
dapat digunakan untuk membuat game “Tebak Gambar”.
Teknologi
itu memiliki lebih dari satu definisi. Salah satunya adalah pengembangan dan
aplikasi dari alat, mesin, material dan proses yang menolong manusia
menyelesaikan masalahnya. Sebagai aktivitas manusia, teknologi mulai dikenal
sebelum sains dan teknik. Teknologi dibuat atas dasar ilmu pengetahuan dengan
tujuan untuk mempermudah pekerjaan manusia. Kata teknologi sering menggambarkan
penemuan dan alat yang menggunakan prinsip dan proses penemuan saintifik yang
baru ditemukan. Meskipun demikian penemuan yang sangat lama seperti roda juga
disebut sebuah teknologi.
Pada
pembuatan game Tebak Gambar kita dapat menggunakan berbagai macam aplikasi
seperti Unity, App Inventor, APK Fast Builder dan lain-lain. Disini saya akan
membahas pembuatan game Tebak Gambar dengan menggunakan Unity.
Unity 3D
Unity
merupakan suatu aplikasi yang digunakan untuk mengembangkan game multi platform
yang didesain untuk mudah digunakan. Unity itu bagus dan penuh perpaduan dengan
aplikasi yang professional. Didalam unity, kita dapat memilih platform Android
yang digunakan untuk membangun aplikasi dengan OS Android. Platform Android ini
yang digunakan untuk membuat game Tebak Gambar.
Pada
Unity terdapat Server aset yang dapat digunakan semua scripts dan aset game
sebagai solusi dari versi kontrol dan dapat mendukung proyek yang terdiri atas
banyak gigabytes dan ribuan dari file multi-megabyte. Editor Unity dapat
menyimpan metadata dan versi mereka, itu dapat berjalan, pembaharuan dan
didalam perbandingan versi grafis. Editor Unity dapat diperbaharui dengan
sesegera mungkin seperti file yang telah dimodifikasi. Pada server asset inilah
diletakkan berbagai script, texture, sprite dan lain-lain untuk membangun game
Tebak Gambar ini.
Pada
bagian sprite, fungsinya adalah untuk menyimpan soal-soal untuk setiap level. Soal-soal
tersebut berbentuk berbagai jenis gambar. Begitu juga dengan folder texture, file
texture ini akan digunakan sebagai GUI dari game Tebak Gambar
Selanjutnya
dibuat HUD sebagai salah satu system dalam game. Komponen yang akan pasang
adalah berupa status dengan menggunakan Label dan Button yang terdiri dari :
Menampilkan Life / darah / kesempatan menjawab, tombol bantuan yang akan
menampilkan clue, serta timer untuk level yang menggunakan waktu. Untuk itu
digunakannlah script yang terdapat di folder scripts.
Kemudian
dibuatlah terlebih dahulu script yang akan digunakan sebagai GUI Resizer atau
scaler. Ini berfungsi untuk membuat posisi masing-masing GUI / HUD fixed.
Seperti yang kita tahu device Android memiliki resolusi layar yang
berbeda-beda, untuk meng-handle tersebut
akan digunakan Resizer supaya GUI yang dibuat fixed disemua screen.
Dalam
game tersebut satu level terdapat beberapa stage, ketika player berada pada
stage satu kemudian stage selanjutnya (stage 2) terkunci, maka otomatis Life
& Help dalam keadaan maksimal. Kemudian ketika player finish stage satu
kemudian berada pada stage 2, Life & Help meneruskan Life & Help dari
stage (sebelumnya). Namun ketika stage dua sudah terbuka, terus player bermain
lagi di stage satu, Life dan Health tetap dengan value sebelumnya (Gak reload /
keadaan awal). Untuk itu dimasukkanlah scripts yang akan mengaturnya.
Proses
diatas adalah utnu membuat satu stage di game Tebak Gambar.untuk stage selanjutnya
caranya kurang lebih sama.
Itulah
penjelasan singkat saya tentang teknologi yang digunakan dalam pembuatan game
Tebak Gambar. Terima kasih sudah membacanya.
Referensi
:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar