Rabu, 18 Januari 2017

Software Simulator

Software Simulator

Hallo reader, pada postingan ini saya akan membahas tentang software-software yang digunakan untuk simulasi. Baik langsung saja kita ke pembahasannya.
Simulasi adalah suatu proses peniru dari suatu yang nyata beserta keadaan sekelilingnya (state of affairs). Aksi melakukan simulasi ini secara umum menggambarkan sifat-sifat karakteristik kunci dari kelakuan sistem fisik atau sistem yang abstrak tertentu. Simulator merupakan program yang berfungsi untuk menyimulasi suatu peralatan, tetapi keranya agak lambat daripada keadaan yang sebenarnya. Contoh simulator pada komputer yaitu: Packet Tracer.
Perangkat lunak simulasi didasarkan pada proses pemodelan fenomena nyata dengan satu set rumus matematika. Hal ini, pada dasarnya, sebuah program yang memungkinkan pengguna untuk mengamati operasi melalui simulasi tanpa benar-benar melakukan operasi itu. Perangkat lunak simulasi digunakan secara luas untuk desain peralatan sehingga produk akhir akan dekat dengan desain spesifikasi mungkin tanpa mahal dalam proses modifikasi. Software simulasi dengan real-time respon sering digunakan dalam permainan, tetapi juga memiliki aplikasi industri yang penting. Ketika hukuman untuk tidak tepat operasi mahal, seperti pilot pesawat, operator pembangkit listrik tenaga nuklir atau operator pabrik kimia, mock up panel kontrol aktual terhubung ke real-time simulasi respon fisik, memberikan pengalaman berharga pelatihan tanpa takut hasil bencana.
Program komputer yang canggih dapat mensimulasikan daya sistem perilaku, kondisi cuaca, sirkuit elektronik, reaksi kimia, Teknik Mekatronika, pompa, sistem kontrol umpan balik, reaksi atom, bahkan proses-proses biologis yang kompleks. Dalam teori, setiap fenomena yang dapat dikurangi untuk data matematika dan persamaan bisa disimulasikan pada komputer. Simulasi dapat menjadi sulit karena fenomena paling alami dikenakan jumlah pengaruh yang hampir tak terbatas. Salah satu trik untuk mengembangkan simulasi berguna adalah untuk menentukan yang paling penting faktor-faktor yang mempengaruhi tujuan simulasi.
Selain meniru proses untuk melihat bagaimana mereka berperilaku di bawah kondisi yang berbeda, simulasi juga digunakan untuk menguji teori-teori baru. Setelah membuat teori hubungan kausal, teoretisi dapat mengkodifikasi hubungan dalam bentuk program komputer. Jika program kemudian berperilaku dalam cara yang sama seperti proses, ada kesempatan baik bahwa hubungan yang diusulkan benar.
Adapun contoh-contoh software simulator. Disini saya akan memberikan beberapa contoh software simulator yaitu :

1.      Cisco Packet Tracer

Packet Tracer adalah simulator alat-alat jaringan Cisco yang sering digunakan sebagai media pembelajaran dan pelatihan, dan juga dalam bidang penelitian simulasi jaringan komputer. Program ini dibuat oleh Cisco Systems dan disediakan gratis untuk fakultas, siswa dan alumni yang telah berpartisipasi di Cisco Networking Academy. Tujuan utama Packet Tracer adalah untuk menyediakan alat bagi siswa dan pengajar agar dapat memahami prinsip jaringan komputer dan juga membangun skill di bidang alat-alat jaringan Cisco.
Packet Tracer terbaru yaitu versi 5.3.3. Dalam versi ini dapat mensimulasikan Application Layer protocols, Routing dasar RIP, OSPF, and EIGRP, sampai tingkat yang dibutuhkan pada kurikulum CCNA yang berlaku, sehingga bila dilihat sekilas software ini bertujuan untuk kelas CCNA. Taget Packet Tracer yaitu menyediakan simulasi jaringan yang real, namun terdapat beberapa batasan berupa penghilangan beberapa perintah yang digunakan pada alat aslinya yaitu pengurangan command pada Cisco IOS. Dan juga Packet Tracer tidak bisa digunakan untuk memodelkan jaringan produktif/aktif. Dengan keluarnya versi 5.3, beberapa fitur ditambahkan, termasuk fitur BGP. BGP memang bukan termasuk kurikulum CCNA, akan tetapi termasuk kurikulum CCNP.
Packet Tracer biasanya digunakan siswa Cisco Networking Academy melalui sertifikasi Cisco Certified Network Associate (CCNA). Dikarenakan batasan pada beberapa fiturnya, software ini digunakan hanya sebagai alat bantu belajar, bukan seabagai pengganti Cisco routers dan switches.

2.      Wireshark
Wireshark merupakan salah satu dari sekian banyak tool Network Analyzer yang banyak digunakan oleh Network administrator untuk menganalisa kinerja jaringannya terrmasuk protokol didalamnya. Wireshark banyak disukai karena interfacenya yang menggunakan Graphical User Interface (GUI) atau tampilan grafis.
Wireshark mampu menangkap paket-paket data atau informasi yang berseliweran dalam jaringan. Semua jenis paket informasi dalam berbagai format protokol pun akan dengan mudah ditangkap dan dianalisa. Karenanya tak jarang tool ini juga dapat dipakai untuk sniffing (memperoleh informasi penting spt password email atau account lain) dengan menangkap paket-paket yang berseliweran di dalam jaringan dan menganalisanya.
Wireshark dipakai oleh network administrator untuk menganalisa kinerja jaringannya. Wireshark mampu menangkap paket-paket data atau informasi yang berjalan dalam jaringan yang terlihat dan semua jenis informasi ini dapat dengan mudah dianalisa yaitu dengan memakai sniffing , dengan sniffing diperoleh informasi penting seperti password email account lain.
Wireshark merupakan software untuk melakukan analisa lalu-lintas jaringan komputer, yang memiliki fungsi-fungsi yang amat berguna bagi profesional jaringan, administrator jaringan, peneliti, hingga pengembang piranti lunak jaringan. Wireshark dapat membaca data secara langsung dari Ethernet, Token-Ring, FDDI, serial (PPP dan SLIP), 802.11 wireless LAN, dan koneksi ATM. Program ini juga sering digunakan oleh chatters untuk mengetahui ip korban maupun para chatter lainnya lewat typingan room.

3.      Proteus

Proteus merupakan salah satu software simulasi rangkaian elektronika terbaik dan terpopuler saat ini. Aplikasi ini banyak digunakan oleh kalangan pecinta elektronika karena dianggap memiliki fitur yang lengkap. Software ini mampu mensimulaikan berbagai macam komponen elektronika mulai dari resistor, kapasitor, sampai dengan beberapa IC analog ataupun digital, termasuk IC mikrokontroller. Software ini jika di install menyediakan banyak contoh aplikasi desain yang disertakan sehingga kita bisa belajar dari contoh-contoh yang sudah ada.

4.      SimulationX

SimulationX adalah suatu CAE software khusus untuk simulasi teknik mesin secara fisik; software tersebut diciptakan dan dikomersialisasikan oleh ITI GmbH di Dresden, Jerman. Para ilmuwan, insinyur aplikasi dari industri (untuk riset dan pengembangan produk baru) dan pembina pendidikan tinggi mempergunakan SimulationX untuk mendesain, simulasi, analisis, membuat model secara fisik dan mengetes sistem mekatronik rumit secara virtual. Dengan hanya memakai satu software platform SimulationX mensimulasi interaksi jenis-jenis efek fisikalis dari mekanik 1D, mekanik 3D, proses mekanika mesin, dinamika-dinamika mesin, hydraulik sistem, pneumatik sistem, thermo sistem, proses penyaluran listrik, magnetik dan juga kontrol sistem secara analog/digital . Salah satu pemakaian utama SimulationX dari bermacam-macam aplikasi utama adalah simulasi proses mekanika dan dinamika mesin kendaraan roda empat. Pada tahun 2006 SimulationX telah dipilih oleh AEI Tech Award sebagai „Top Product of Powertrain Simulation“ berkaitan dengan simulasi kestabilan mesin saat mesin beroperasi.

5.      Google Sketchup

SketchUp merupakan sebuah program pemodelan 3D yang dirancang untuk arsitek, insinyur sipil, pembuat film, game developer dan profesi terkait. Aplikasi ini dirancang untuk menjadi lebih mudah digunakan dibandingkan program CAD 3D. Beberapa fi tur kunci dan kegunaan SketchUp antara lain: sistem kursor penggambaran yang smart yang memungkinkan pengguna untuk menggambar obyek 3D melalui layar dan mouse 2D, kapabilitas untuk studi massa simpel via push-pull, Follow Me, untuk membuat bentuk 3D denganmengembangkan surface 2D pada suatu path yang ditentukan, kemampuan untuk menganimasikan gerakan kamera dan matahari, hingga mencakup fi tur-fitur untuk memfasilitasi model penempatan di Google Earth. Google SketchUp merupakan sebuah perangkat lunak desain grafis yang dikembangkan oleh Google. Pendesain grafis ini dapat digunakan untuk membuat berbagai jenis model, desain rumah dan interior, perangkat lunak yang satu ini sangat mudah di gunakandan model yang dibuat dapat diletakkan di Google Earth atau dipamerkan di Google 3D Warehouse.
SketchUp ini dikembangkan oleh perusahaan startup@ Last Software, Boulder, Colorado yang dibentuk pada tahun 1999. SketchUp pertama kali dirilis pada bulan Agustus 2000 sebagai tujuan umum alat pembuatan konten 3D. Aplikasi ini memenangkan penghargaan Community Choice Award di sebuah pameran pada tahun 2000. Kunci keberhasilan awal adalah masa belajar yang lebih pendek daripada alat 3D lainnya. Sedangkan Google SketchUp adalah versi SketchUp yang dapat diunduh secara gratis (dirilis pada 27 April 2006). Fersi gratis ini tidak secanggih SketchUp Pro 6, tapi justru memiliki tools yang terintegrasi untuk meng-upload suatu konten ke Google Earth dan Google Earth 3D Warehouse. File dalam Google SketchUp dapat dieksport ke berbagai format 3D, termasuk format Google Earth (.kmz). Sementara itu, versi Pro 6 memungkinkan eksport ke format dengan ekstensi .3ds, .dae, .dwg, .dxf, .fbx, .obj, .xsi, dan .wrl. Selain itu, Google SketchUp dapat digunakan untuk me nyimpan screenshot obyek ke format .bmp, .png, .jpg dan .tif.

6.      Oracle VM VirtualBox
Oracle VM VirtualBox adalah perangkat lunak virtualisasi, yang dapat digunakan untuk mengeksekusi sistem operasi tambahan di dalam sistem operasi utama. Sebagai contoh, jika seseorang mempunyai sistem operasi MS Windows yang terpasang di komputernya, maka seseorang tersebut dapat pula menjalankan sistem operasi lain yang diinginkan di dalam sistem operasi MS Windows.
Fungsi ini sangat penting jika seseorang ingin melakukan ujicoba dan simulasi instalasi suatu sistem tanpa harus kehilangan sistem yang ada. Aplikasi dengan fungsi sejenis VirtualBox lainnya adalah VMware dan Microsoft Virtual PC. Sistem operasi yang dapat menjalankannya antara lain Linux, Mac OS X, Windows XP, Windows Vista, Windows 7, Windows 8, Solaris, dan OpenSolaris

Itulah beberapa software yang digunakan utnuk simulasi. Semoga bermanfaat bagi yang membacanya. Thanks.



Referensi :




Tidak ada komentar:

Posting Komentar