Jumat, 13 Januari 2017

FITUR EVOLUS PENCIL

Fitur-Fitur Pada Evolus Pencil


Pada postingan kali ini saya akan membahas tentang suatu aplikasi yang dapat kita gunakan untuk membuat suatu prototype rancangan inteface aplikasi. Dalam software engineering, prototyping merupakan sebuah mekanisme yang dilakukan untuk mencoba membuat sebuah aplikasi awal. Aplikasi awal ini bukanlah suatu aplikasi jadi yang sudah benar, namun sebatas bisa memberikan gambaran kepada pengguna atau klien akan seperti apa aplikasi yang akan dibangun. Dengan melihat versi prototipe tersebut, pengguna atau klien bisa mengerti aplikasi apa yang akan dibangun, bisa memberikan masukan dan saran serta kritik, dan juga bisa mengurangi resiko kesalahpahaman persepsi akan aplikasi yang akan dibangun.
Prototipe yang dibangun bermacam-macam, ada yang berupa aplikasi kecil, ada yang menunjukkan aplikasi lain yang sejenis, ada yang sebatas membuat tampilan. Salah satu tool yang bisa digunakan untuk membuat prototipe berupa tampilan awal penulis biasanya menggunakan pencil. Pencil yang dimaksud di sini bukanlah pensil yang berupa sebatang kayu untuk menulis, tapi pencil adalah sebuah aplikasi yang digunakan untuk mendesain users interface aplikasi desktop, web dan mobile serta dapat juga digunakan untuk membuat flowchart atau diagram alir sebuah sistem. Dan yang terpenting dari aplikasi ini adalah open source.
Sedikit sejarah tentang aplikasi ini .Evolus Pencil adalah aplikasi open source untuk membuat desain UI (User Interface) dan tersedia untuk berbagai sistem operasi baik itu Linux, Windows, dan MacOS. Shape interface yang disediakan ada untuk web, GTK, native UI, sketchy GUI, Windows XP, Flowchart, Android ICS, iOS UI Stencils, dan iOS Wireframe.
Untuk lebih memahami penggunaan dari aplikasi evolus pencil ini, saya akan menjelaskan fitur-fitur yang disediakan pada aplikasi evolus pencil beserta kegunaannya. Berikut penjelasannya :
Pencil dari Pencil Project Evolus adalah aplikasi untuk membuat prototype aplikasi di Linux, Windows, maupun Mac OS. Pencil sebagai aplikasi Prototyping memiliki beberapa fitur unggulan sebagai berikut :
1.      Easy GUI Prototyping
Pencil menyediakan berbagai bentuk atau shape yang cukup banyak sehingga memudahkan pengguna alam memilih bentuk yang diperlukan.

2.      Built-in Shape Collections
Selain bentuk shape yang lengkap, Pencil memiliki template yang bisa di downlod untuk mengembangkan aplikasi smartphone seperti Android dan iOS

3.      Diagram Drawing Support
Selain sebagai aplikasi prototyping, Pencil juga dapat digunakan untuk menggambar diagram sederhana seperti diagram alir atau flowchart.

4.      Exporting to Different Output Formats
Pencil dapat mengekspor grafik yang sudah kita gambar dalam berbagai format seperti PDF, SVG, PNG, dan juga file ODT yang dapat dibuka di LibreOffice.

5.      Easily Find Cliparts from the Internet
Melalui fasilitas pencarian clip art kita dapat menemukan banyak clip art dari server OpenClipart yang dapat kita manfaatkan secara gratis.

6.      Inter-page linking
Elemen gambar dapat kita tautkan dengan halaman yang ada di dalam sebuah tab di dalam aplikasi Pencil.

Gambar diatas merupakan tampilan awal dari aplikasi Evolus Pencil. Seperti yang kita lihat, Evolus Pencil memiliki beberapa menu yaitu:
a.       Menu Document
Pada menu document terdapat new window ,new document, save , save as, load, Export page as png, Export Document, Print dan exit.
b.      Menu Edit
Pada menu Edit terdapat undo, redo, cut, copy, paste, delete dan select all.
c.       Menu View
Pada menu View terdapat Collection Pane, Hide Heavy Elements dan Fullscreen.
d.      Menu Shape
Pada menu Shape terdapat Group,Ungroup,Make same width,height, min width,min height, align left,right,top,bottom,middle, same horiz space dan same vert space.
e.       Menu Tools
Pada menu Tools terdapat Clipart Browser, Install new Collection, Manage Export Template, Developer Tools, dan Options.
f.       Menu Help
Pada menu Help terdapat About
Kemudian di bagian kiri terdapat  koleksi shape yang disediakan oleh Evolus Pencil seperti :
a.       Common Shapes

Pada fitur Common Shapes, terdapat macam-macam bentuk umum yang biasa kita gunakan. Seperti saja bentuk persegi, segitiga, kubus, garis dan lain-lain.

b.      Basic Web Elements

Pada fitur Basic Web Elements, disediakan elemen-elemen dasar yang terdapat didalam sebuah web atau situs. Seperti saja hyperlink, HTML Texts, Heading, dan lain-lain.

c.       Desktop – GTK Widgets

Pada fitur Desktop – GTK Widgets berisikan aplikasi kecil yang biasa dipasang pada sebuah web atau blog yang digunakan untuk memberikan informasi kepada pengunjung situs.

d.      Desktop – Native UI Widgets


e.       Tidak jauh beda dengan fitur Desktop – GTK Widgets, fitur Desktop – Native UI Widgets juga menyediakan aplikasi kecil bawaan atau asli yang biasanya ada didalam sebuah web atau situs.

f.       Desktop – Sketchy GUI



Pada fitur Desktop – Sketchy GUI, menyediakan user interface yang simple atau sederhana yang sering kita jumpai di web atau blog.

g.      Desktop – Windows XP Widgets

Pada fitur Desktop – Windows XP Widgets, menyediakan tool-tool yang digunakan dalam sistem operasi Windows XP.

h.      Flowchart


Pada fitur Flowchart, menyediakan berbagai model atau bentuk yang digunakan untuk menggambar diagram sederhana seperti diagram alir atau flowchart.

i.        Mobile – Android ICS


Pada fitur Mobile – Android ICS, menyediakan template-template yang digunakan untuk mendesain mobile Android.

j.        Mobile – iOS UI Stencils
   

Pada Mobile – iOS UI Stencils menyediakan template GUI untuk mendesain mobile iPhone/iPad.

k.      Mobile – iOS Wireframe



Pada fitur Mobile – iOS Wireframe meyediakan berbagai macam template yang digunakan untuk mendesain mobile iOS.


Oke sekian pembahasan saya tentang fitur-fitur yang tersedia di aplikasi Evolus Pencil. Semoga bermanfaat bagi yang membaca. Thanks…

Referensi :


1 komentar: