Jumat, 11 November 2016

USER INTERFACE DESIGN PATTERNS


Pada penulisan ini, saya akan membahas tentang user interface design. Mungkin utnuk kalangan IT, user interface sudah tidak asing lagi didengar. User interface itu sendiri adalah cara program dan user berkomunikasi. Semuanya yang terlhat dilayar, membaca dalam dokumentasi dan dimanipulasi dengan keyboard atau mousemerupakan bagian dari user interface.
User Interface berfungsi untuk menghubungkan atau penterjemah informasi antara pengguna dengan system operasi, sehingga computer dapat digunakan.. Use interface dari sisi software bisa berbentuk Graphical User Interface (GUI) atau Command Line Interfae (CLI), sedangkan dari sisi hardware bisa berbentuk Aplle Desktop Bus (ADB), USB, dan firewire.
Agar user mengerti apa yang dimaksud oleh program, programeer harus mendesign User interface yang mudah dipahami oleh user. Design Interface ini sangat penting karena akan sangat berpengaruh pada user dalam menggunakan atau berkomunikasi dengan komputer. Apabila suatu program sulit untuk digunakan, maka hal ini akan memaksa user untuk melakukan suatu kesalahan saat menggunakan program tersebut.
Sebagai referensi, kita dapat kunjungi situs http://ui-patterns.com/patterns.
Didalam situs ui-pattern.com , ada beberapa kategori user interface design yaitu getting input, navigation, dealing with data, onboarding, social, dan miscellaneous. Saya hanya akan membahas 3 bagian yaitu Undo, Tagging, dan Search Filters. Baik kita masuk ke pembahasan pertama :

1.      Undo

a.      Kegunaan
Undo sudah tidak asing lagi bagi para user. Undo itu sendiri adalah perintah untuk membatalkan suatu perintah yang sudah dilakukan sebelumnya. Adapun beberapa fungsinya lainnya yaitu :
·         Memberikan kemudahan bagi user untuk mengakses bolak-balik suatu situs.
·         Data itu sangat mahal, tapi lebih penting menyediakan undo.
·         Ketika kita kehilangan suatu data pekerjaan, kita dapat membatalkannya dengan undo.
·         Meningkatkan kepercayaan diri.

b.      Solusi
Terkadang ketika kita mengolah suatu data terjadi kesalahan. Dan hal tersebut akan membuat kita stress jika data tersebut tak dapat dikembalikan. Apalagi jik data itu jumlahnya sangat banyak. Dengan adanya Undo, memungkinkan untuk pengguna dapat mengembalikkan tindakan kembali jika terjadi kesalahan.  
c.       Manfaat
Adapun alasan dengan adanya Undo ini. Manusia bukanlah makhluk yang sempurna. Manusia pasti pernah melakukan kesalahan, terutama ketika mereka yang sedang bekerja dengan menggunakan komputer maupun laptop yang berkaitan dengan pengolahan data.   Hal ini tidak menutup kemungkinan manusia atau pengguna tidak melakukan kesalahan. Apalagi jika pengguna mengolah data yang jumlahnya tidak sedikit, seperti database. Karena data adalah sesuatu yan sangat berharga dan tak ternilai.
Undo tidak hanya memberikan kemudahan bagi user dalam mengatasi kesalahan, namun juga dapat meningkatkan kepercayaan diri penggunanya.
2.      Tagging

a.      Kegunaan
Selanjutnya adalah Tagging. Tagging sudah tak asing lagi bagi mereka yang sering menggunakan Sosial media, seperti membagikan foto atau video ke teman-teman yang bersangkutan.
Kegunaan lainnya yaitu :
·         Dengan tagging itu seorang admin blog  akan mudah mengelompokkan tulisan-tulisan yang cukup banyak jumlahnya dengan tag sama
·         Digunakan ketika kita ingin memberikan pengguna berkontribusi data ke website yang kita memiliki
·         Memberikan pengguna untuk berkontribusi mengatur data mereka sendiri.
·         Memudahkan pengunjung mencari suatu tulisan  dengan adanya tag tertentu.
·         Penggunaan tag yang tepat akan menaikkan posisi suatu tulisan di mata mesin pencari

b.      Solusi
Tagging memberikan solusi baik kepada pemilik situs, maupun pengguna atau pengunjung. Dari segi pemilik situs admin, dengan penanda itu seorang admin blog  akan mudah mengelompokkan tulisan-tulisan yang cukup banyak jumlahnya dengan tag sama. Misalkan anda membuat tulisan tentang Ilmu pengetahuan berbeda-beda kategorinya. Ada tulisan di kategori SD, SMP, SMA, maupun perguruan tinggi. Namun dengan tag “Ilmu Pengetahuan” maka tulisan-tulisan yang tersebar itu mengelompok dalam kumpulan tulisan ber-tag “Ilmu Pengetahuan”.  Sehingga ketika di blog tersebut sudah terdapat ratusan bahkan ribuan tulisan, kita akan mudah mencari tulisan yang dibuat berdasar tag yang telah dibuat.
Dari segi pengguna atau pengunjung, memudahkan pengunjung mencari suatu tulisan  dengan adanya tag tertentu. Kadang-kadang, bila suatu blog sudah banyak postingannya, dan seorang pengunjung akan mencari suatu tulisan tertentu, dia akan kesulitan mendapatkan hasil yang diinginkannya. Berdasarkan tag yang telah dibuat, tatkala seorang pengunjung blog yang akan mencari suatu tulisan  tertentu.di search atau pencarian internal blog dengan tag yang akan dicari, maka akan ditunjukkan hasil tulisan-tulisan ber-tag tersebut yang ada di blog tersebut.
c.       Manfaat
Tagging memberikan kemudahan bagi admin maupun pengguna atau pengunjung. Pegguna dapat menemukan konten-konten yang ingin dicari secara cepat dan tepat. Tag ini dapat dijadikan sebagai kata kunci dari tulisan/informasi yang kita buat tanpa harus memberikan informasi yang panjang.
Tidak hanya itu saja, tag digunakan untuk membiarkan pengguna mengatur dan mengkategorikan data mereka sendiri di ruang publik. Dengan cara ini, tag dapat dilihat sebagai kategorisasi bottom-up data daripada kategorisasi top-down data, di mana pencipta situs mendefinisikan data hirarki yang disampaikan kepadanya.
3.      Search Filters

a.      Kegunaan
Dari artinya, kita sudah tahu apa sih kegunaan user interface ini. User interface ini banyak digunakan di situs-situs web, terlebih lagi Google yang memiliki data wajib menggunakan user interface ini. Untuk lebih jelasnya, kegunaan Search Filters sebagai berikut :
·         Memberikan pengguna untuk mencari atau memilah informasi dalam waktu yang singkat.
·         Digunakan saat informasi dikategorikan sesuai kelompoknya.
·         Memberikan ketepatan pencarian informasi bagi pengguna.
·         Bagi sebuah perusahaan, dapat dijadikan sebagai ajang promosi dan persaingan antar perusahaan lainnya.

b.      Solusi
Di dunia ini, terdapat data yang tak terhingga, tak terkecuali pada dunia maya. Di dunia maya data tersbut ada berbagai macam kategori. Bahkan dalam kategori yang sama, dapat dibagi lagi kedalam sub kategori. Hal ini justru akan mempersulit pengguna dalam mendapatkan informasi yang dia inginnkan.
Dengan adanya Search Filters, informasi yang ingin dicari user akan dipersempit berdasarkan kategorinya. Hal ini pengguna akan dibiarkan mengatur informasi apa yang mereka ingin dapatkan. Dapat dengan mengisi teks dalam kotak, kotak centang atau bahkan tombol radio. Hanya dengan menggunakan pola ini akan menyederhanakan pencarian pengguna.
c.       Manfaat
Dengan adanya search filters ini, pengguna akan diberikan kemudahan dalam menyaring informasi yang dia inginkan. Mudah didapatkan, hanya memakan waktu yang singkat, dan pastinya tepat. Sebab, informasi yang pengguna inginkan sudah termanage dengan mengkategorikan informasi-informasi yang jenisnya sama.

Sekian tulisan dari saya. Semoga informasi yang saya berikan bermanfaat bagi yang membacanya. Thanks.

Referensi :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar