Jumat, 11 November 2016

SEJARAH LOGO YAMAHA





Pada penulisan kali ini, saya akan membahas tentang logo. Apa sih itu logo? Kata itu mungkin sudah tidak asing ditelinga kita. Mati kita baik-baik pembahasan lebih detainya.
Logo adalah tanda, lambang, ataupun simbol yang mengandung makna dan digunakan sebagai identitas sebuah organisasi, perusahaan atau individu agar mudah diingat oleh orang lain. Logo juga dapat memberi gambaran ciri ataupun identitas perusahaan, sehingga logo bisa dikatakan sebuah lambang ataupun ciri untuk memudahkan pengenalan sebuah perusahaan dan juga corporate identity atau identitas perusahaan yang mewakili citra perusahaan.
Identitas perusahaan diakui sebagai faktor penting bagi perusahaan itu sendiri. Identitas perusahaan meliputi semua aspek fisik dari perusahaan yang dapat memperlihatkan citra perusahaan tersebut. Pembentukan identitas perusahaan agar dapat dikenal oleh masyarakat luas tak bisa dilepaskan dari logo. Sebagai bagian dari identitas perusahaan, logo ibarat bagian tubuh yang mampu mempresentasikan citra perusahaan. Meski terlihat sederhana namun logo sangat berperan penting karena logo harus dapat merepresentasikan citra perusahaan, organisasi, individu tersebut. Selain itu juga logo dapat membantu sebuah perusahaan sebagai media promosi. Maka tidak heran jika dalam rancangannya, logo dibuat sedemikian rupa dengan harapan citra positif.
Sebagai media promosi, logo membantu konsumen mengenali produk dari sebuah perusahaan. Sehingga dengan adanya logo, konsumen diharapkan akan lebih mudah mengingat kembali sebuah produk ketika produk tersebut ditawarkan kepadanya.
Beberapa logo ada yang mengalami perubahan seiring berjalannya waktu, baik dari tulisannya, gambar, maupun warnanya. Hal ini dilakukan untuk memikat daya tarik para konsumen. Dan logo-logo tersebut diganti atau diubah agar para konsumen dapat mengingat logo tersebut secara cepat. Bahkan sebuah perusahaan dapatmengeluarkan uang milyaran bahkan triliyunan hanya untuk sebuah logo.
Disini saya akan menjelaskan salah satu perusahaan yang logonya mengalami perubahan yaitu Yamaha. Yamaha Corporation adalah sebuah perusahaan Jepang dengan jumlah produk yang banyak. Penjualannya termasuk sepeda motor,alat  instrumen musik, sirkuit terpadu, dan elektronik rumah tangga. Perusahaan ini didirikan oleh Torakusu Yamaha sebagai Nippon Gakki Co., Ltd. di Hamamatsu, prefektur Shizuoka. Yamaha mengambil alih Korg pada 1989 dan Steinberg pada 2004.
Produk-produknya yaitu seperti Sepeda motor (Yamaha Motor Corporation), ATV,Kart, Snowmobile, Perahu Motor dan Jetski, Mobil, Piano,Workstation, Digital Piano, Elekton organ elektronik, Synthesizer, Gitar, Drum kit, Band dan instrumen orkestra, Music sequencer, Sound chips, Pro Audio, dan Home Electronics.
Logo garputala disana ada 3 garpu, Jadi masing-masing warna itu melambangkan 1 garpu tala, jadi logo yamaha itu bukan huruf “Y”, roda, atau yang lainnya. Nah arti garpu tala itu apaan ? Garpu tala adalah alat yang berbentuk seperti garpu bergigi dua (atau berbentuk huruf Y) dan beresonansi pada frekuensi tertentu bila dihentakkan pada suatu benda. Garpu tala hanya bergetar pada satu frekuens. Karena frekuensi ini tetap, garpu tala biasanya digunakan untuk menala alat musik lain, seperti gitar dan piano.
Dari penjelasan tersebut, sebenarnya tidak salah jika Yamaha menggunakan logo berbentuk garpu tala karena awalnya perusahaan Yamaha memproduksi alat-alat musik seperti gitar, drum, piano, dan lain-lain. Seiring bejalannya waktu, Yamaha mulai meproduksi kendaraan seperti motor dan mobil. Seperti halnya alat music, diharapkan produksi kendaraan motornya seakurat dan sedetail penyetelan alat musik secara presisi.
Perusahaan Yamaha sudah berganti logo beberapa kali. namun, seiring pergantian logo tersebut Yamaha selalu konsisten dengan menyertakan logo garpu tala di setiap perkembangannya. Logo Yamaha pertama kali adalah sebagai berikut.


         Phoenix
Gambar diatas adalah lambang pertama Nippon Gakki yaitu phoenix Cina memegang dalam paruh garpu tala. Disebut Ho-Oh dalam bahasa Jepang, ini simbol burung legendaris kebajikan dan rahmat juga mengekspresikan penyatuan yin dan yang. Filosofi menggunakan logo itu, Yamaha ingin membuat produk bermanfaat bagu umat manusia.Tampaknya pada organ kualitas yang sangat tinggi, simbol kehendak Torakusu Yamaha untuk menciptakan produk kelas dunia.
Pada tahun Pada 1927, Yamaha mengganti logo. Mereka menggunakan lambang tiga buah garpu tala dengan tulisan di atasnya Yamaha Vener, lalu dibingkai bentuk segi tiga. Logonya seperti gambar berikut :

Yamaha Veener
"Yamaha veneer", dibaca dari kanan ke kiri, yang kemudian diterjemahkan menjadi "veneer kayu" atau "plywood" bahan yang digunakan dalam kemewahan kabinet  Tiga garpu tala mewakili tiga arah yaitu manufaktur, pemasaran dan teknologi. Selain itu juga melambangkan tiga unsur penting musik: melodi, harmoni, dan ritme.
Pada 1934, Nippon Gakki ingin diakui sebagai produsen piano berkualitas tinggi. Perusahaan itu membuat laboratorium akustik pertama di dunia untuk melakukan uji coba. Sehingga pada era itu, logo Yamaha kembali diubah dengan menggabungkan tiga garpu tala dengan sebuah piano.

Pada tahun 1937, tahun yang menandai awal Perang Sino-Jepang Kedua, Nippon Gakki mengalikan perubahan ditempelkan organ lambang nya, piano dan instrumen lainnya.

Logo pada organ
 Pada tahun 1955, Yamaha kembali mengganti logonya seperti gambar berikut :
Logo tersebut sudah digunakan oleh sepeda motor pertama Yamaha, dimana logo tersebut yang sudah kita kenal sekarang, tetapi dalam warna yang berbeda Ada tiga warna berbeda pada lingkaran yakni merah, hitam, dan biru. Sedangkan garpunya berwarna putih. Logo tersebut memegang prinsip filosofi Kando atau artinya menyentuh hati konsumen.
Pada tahun 1956, Yamaha kembali berganti logo yang paling kompleks menunjukkan kata “Nichigaku Tokusen” yang diterjemahkan sebagai “pilihan khusus Nippon Gakki” seperti dibawah ini :
Logo 1956
Pada tahun 1959, Yamaha berganti logo lagi. Ini lambang 1959 terkait dengan instrumen musik istirahat sepenuhnya dengan masa lalu. Sulit untuk menjelaskan hari ini.
Logo (1959)
Pada tahun 1960, Nippon Gakki Yamaha International Corporation menciptakan YIC) di Los Angeles yang akan bertanggung jawab untuk mendistribusikan sepeda motor Yamaha. Lambang, yang ditemukan pada gambar dari upacara pembukaan, adalah arus Yamaha Corporation, jika seseorang mengabaikan warna. Logonya seperti berikut :
Logo 1960
Pada tahun 1987, Yamaha mengganti logo lagi. Desain dari tiga garpu yang terkandung dalam lingkaran adalah standar dan dikombinasikan lagi dalam nama pendirinya pada tahun 1967. Lambang Perusahaan Yamaha berubah lagi pada tahun 1980 (lingkaran adalah garis melawan dua sebelumnya), kemudian pada tahun 1987. Pada tanggal 1 Oktober, Nippon Gakki Co, Ltd. merayakan 100 tahun melakukan distribusi alat musik dan membayar upeti kepada pendiri. Ini menjadi Yamaha Corporation Ltd. tiga garpu dan kemudian menghilang meninggalkan tempat nama itu.
Yamaha Corporation
Pada tahun 1998, Yamaha mengantikan logo yang baru, seperti berikut :

Yamaha Corp.

Pada tahun 1998, Yamaha menggantikan logonya seperti yang kita kenal sekarang ini
Yamaha Motor (1998)

Lambang Yamaha Motor Co, Ltd. diakui oleh tiga garpu di luar lingkaran pertama dan warna merah. Lambang tersebut banyak kita lihat di kendaraan bermotor.

Sekian tulisan saya. semoga bermanfaat bagi yang membacanya. Terima Kasih.

Referensi :


Tidak ada komentar:

Posting Komentar