Pada penulisan kali ini, saya akan membahas
tentang logo. Apa sih itu logo? Kata itu mungkin sudah tidak asing ditelinga
kita. Mati kita baik-baik pembahasan lebih detainya.
Logo adalah tanda, lambang, ataupun simbol
yang mengandung makna dan digunakan sebagai identitas sebuah organisasi,
perusahaan atau individu agar mudah diingat oleh orang lain. Logo juga dapat
memberi gambaran ciri ataupun identitas perusahaan, sehingga logo bisa
dikatakan sebuah lambang ataupun ciri untuk memudahkan pengenalan sebuah
perusahaan dan juga corporate identity atau identitas perusahaan yang mewakili
citra perusahaan.
Identitas perusahaan diakui sebagai faktor
penting bagi perusahaan itu sendiri. Identitas perusahaan meliputi semua aspek
fisik dari perusahaan yang dapat memperlihatkan citra perusahaan tersebut.
Pembentukan identitas perusahaan agar dapat dikenal oleh masyarakat luas tak
bisa dilepaskan dari logo. Sebagai bagian dari identitas perusahaan, logo
ibarat bagian tubuh yang mampu mempresentasikan citra perusahaan. Meski
terlihat sederhana namun logo sangat berperan penting karena logo harus dapat
merepresentasikan citra perusahaan, organisasi, individu tersebut. Selain itu
juga logo dapat membantu sebuah perusahaan sebagai media promosi. Maka tidak
heran jika dalam rancangannya, logo dibuat sedemikian rupa dengan harapan citra
positif.
Sebagai media promosi, logo membantu konsumen
mengenali produk dari sebuah perusahaan. Sehingga dengan adanya logo, konsumen
diharapkan akan lebih mudah mengingat kembali sebuah produk ketika produk
tersebut ditawarkan kepadanya.
Beberapa logo ada yang mengalami perubahan
seiring berjalannya waktu, baik dari tulisannya, gambar, maupun warnanya. Hal
ini dilakukan untuk memikat daya tarik para konsumen. Dan logo-logo tersebut
diganti atau diubah agar para konsumen dapat mengingat logo tersebut secara
cepat. Bahkan sebuah perusahaan dapatmengeluarkan uang milyaran bahkan
triliyunan hanya untuk sebuah logo.
Disini saya akan menjelaskan salah satu
perusahaan yang logonya mengalami perubahan yaitu Yamaha. Yamaha Corporation
adalah sebuah perusahaan Jepang dengan jumlah produk yang banyak. Penjualannya
termasuk sepeda motor,alat instrumen musik, sirkuit terpadu, dan
elektronik rumah tangga. Perusahaan ini didirikan oleh Torakusu Yamaha sebagai
Nippon Gakki Co., Ltd. di Hamamatsu, prefektur Shizuoka. Yamaha mengambil alih
Korg pada 1989 dan Steinberg pada 2004.
Produk-produknya yaitu seperti Sepeda motor
(Yamaha Motor Corporation), ATV,Kart, Snowmobile, Perahu Motor dan Jetski,
Mobil, Piano,Workstation, Digital Piano, Elekton organ elektronik, Synthesizer,
Gitar, Drum kit, Band dan instrumen orkestra, Music sequencer, Sound chips, Pro
Audio, dan Home Electronics.
Logo garputala disana ada 3 garpu, Jadi
masing-masing warna itu melambangkan 1 garpu tala, jadi logo yamaha itu bukan
huruf “Y”, roda, atau yang lainnya. Nah arti garpu tala itu apaan ? Garpu tala
adalah alat yang berbentuk seperti garpu bergigi dua (atau berbentuk huruf Y)
dan beresonansi pada frekuensi tertentu bila dihentakkan pada suatu benda.
Garpu tala hanya bergetar pada satu frekuens. Karena frekuensi ini tetap, garpu
tala biasanya digunakan untuk menala alat musik lain, seperti gitar dan piano.
Dari penjelasan tersebut, sebenarnya tidak
salah jika Yamaha menggunakan logo berbentuk garpu tala karena awalnya
perusahaan Yamaha memproduksi alat-alat musik seperti gitar, drum, piano, dan
lain-lain. Seiring bejalannya waktu, Yamaha mulai meproduksi kendaraan seperti
motor dan mobil. Seperti halnya alat music, diharapkan produksi kendaraan
motornya seakurat dan sedetail penyetelan alat musik secara presisi.
Perusahaan Yamaha sudah berganti logo beberapa
kali. namun, seiring pergantian logo tersebut Yamaha selalu konsisten dengan
menyertakan logo garpu tala di setiap perkembangannya. Logo Yamaha pertama kali
adalah sebagai berikut.
Phoenix
Gambar diatas
adalah lambang pertama Nippon Gakki yaitu phoenix Cina memegang dalam paruh
garpu tala. Disebut Ho-Oh dalam bahasa Jepang, ini simbol burung legendaris
kebajikan dan rahmat juga mengekspresikan penyatuan yin dan yang. Filosofi
menggunakan logo itu, Yamaha ingin membuat produk bermanfaat bagu umat manusia.Tampaknya
pada organ kualitas yang sangat tinggi, simbol kehendak Torakusu Yamaha untuk
menciptakan produk kelas dunia.
Pada tahun Pada
1927, Yamaha mengganti logo. Mereka menggunakan lambang tiga buah garpu tala
dengan tulisan di atasnya Yamaha Vener, lalu dibingkai bentuk segi tiga. Logonya
seperti gambar berikut :
Yamaha Veener
"Yamaha
veneer", dibaca dari kanan ke kiri, yang kemudian diterjemahkan menjadi
"veneer kayu" atau "plywood" bahan yang digunakan dalam
kemewahan kabinet Tiga garpu tala
mewakili tiga arah yaitu manufaktur, pemasaran dan teknologi. Selain itu juga
melambangkan tiga unsur penting musik: melodi, harmoni, dan ritme.
Pada 1934,
Nippon Gakki ingin diakui sebagai produsen piano berkualitas tinggi. Perusahaan
itu membuat laboratorium akustik pertama di dunia untuk melakukan uji coba.
Sehingga pada era itu, logo Yamaha kembali diubah dengan menggabungkan tiga garpu
tala dengan sebuah piano.
Pada tahun
1937, tahun yang menandai awal Perang Sino-Jepang Kedua, Nippon Gakki
mengalikan perubahan ditempelkan organ lambang nya, piano dan instrumen
lainnya.
Logo pada organ
Pada tahun 1955, Yamaha kembali mengganti logonya
seperti gambar berikut :
Logo tersebut
sudah digunakan oleh sepeda motor pertama Yamaha, dimana logo tersebut yang sudah
kita kenal sekarang, tetapi dalam warna yang berbeda Ada tiga warna berbeda
pada lingkaran yakni merah, hitam, dan biru. Sedangkan garpunya berwarna putih.
Logo tersebut memegang prinsip filosofi Kando atau artinya menyentuh hati
konsumen.
Pada tahun
1956, Yamaha kembali berganti logo yang paling kompleks menunjukkan kata
“Nichigaku Tokusen” yang diterjemahkan sebagai “pilihan khusus Nippon Gakki”
seperti dibawah ini :
Logo 1956
Pada tahun 1959, Yamaha berganti
logo lagi. Ini lambang 1959 terkait dengan instrumen musik istirahat sepenuhnya
dengan masa lalu. Sulit untuk menjelaskan hari ini.
Logo (1959)
Pada tahun
1960, Nippon Gakki Yamaha International Corporation menciptakan YIC) di Los
Angeles yang akan bertanggung jawab untuk mendistribusikan sepeda motor Yamaha.
Lambang, yang ditemukan pada gambar dari upacara pembukaan, adalah arus Yamaha
Corporation, jika seseorang mengabaikan warna. Logonya seperti berikut :
Logo 1960
Pada tahun 1987, Yamaha mengganti logo lagi. Desain dari tiga
garpu yang terkandung dalam lingkaran adalah standar dan dikombinasikan lagi
dalam nama pendirinya pada tahun 1967. Lambang Perusahaan Yamaha berubah lagi
pada tahun 1980 (lingkaran adalah garis melawan dua sebelumnya), kemudian pada
tahun 1987. Pada tanggal 1 Oktober, Nippon Gakki Co, Ltd. merayakan 100 tahun
melakukan distribusi alat musik dan membayar upeti kepada pendiri. Ini menjadi
Yamaha Corporation Ltd. tiga garpu dan kemudian menghilang meninggalkan tempat
nama itu.
Yamaha Corporation
Pada tahun
1998, Yamaha mengantikan logo yang baru, seperti berikut :
Yamaha Corp.
Pada tahun 1998, Yamaha menggantikan logonya seperti yang kita
kenal sekarang ini
Yamaha Motor (1998)
Lambang Yamaha Motor Co, Ltd. diakui oleh tiga garpu di luar lingkaran
pertama dan warna merah. Lambang tersebut banyak kita lihat di kendaraan
bermotor.
Sekian tulisan saya. semoga bermanfaat bagi yang membacanya. Terima Kasih.
Referensi :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar