Jumat, 11 November 2016

SLOGAN AQUA YANG MENGINSPIRASI


Okeh pada penulisan ini saya akan menjelaskan  tentang slogan atau banner suatu produk. Disini saya akan menjelaskan tentang slogan atau produk Aqua. Sebelum kita masuk ke penjelasan slogan Aqua, apa sih slogan itu ???
Slogan adalah kata-kata atau kalimat yang relatif pendek yang umumnya begitu menarik dan mudah untuk diingat yang digunakan untuk memberitahukan atau menyampaikan suatu informasi. Slogan juga dapat diartikan sebagai sebuah kata-kata atau kalimat yang pendek yang biasanya begitu menarik, mencolok, dan juga mudah diingat yang digunaka untuk menjelaskan suatu ideologi organisasi tertentu misalnya perusahaan atau partai politik.
Sama halnya dengan sesuatu yang lain, slogan pun memiliki ciri-ciri tertentu yang membedakannya dengan yang lain. Adapun ciri-ciri slogan adalah sebagai berikut:
a. Umumnya adalah sebuah perkataan yang menarik dan mudah diingat.
  1. Slogan juga bisa berupa frase, klausa, kalimat ataupun motto
  2. Slogan juga bisa berupa semboyan sebuah organisasi atau masyarakat.
Pembuatan slogan tentu ada maksud dan tujuan tertentu, dan dibawah ini adalah beberapa maksud dan tujuan dari dibuatnya sebuah poster yang umum kita lihat:
  • Menyampaikan informasi.
  • Mempengaruhi orang lain.
  • Menghimbau orang lain.
  • Memotivasi orang lain.
  • Menyadarkan masyarakat.
Baik kita masuk ke penjelasan tentang slogan Aqua. Sebelumnya kita ulas sedikit terlebih dahulu tentang Aqua. Aqua adalah sebuah merk air minum dalam kemasan (AMDK) yang diproduksi oleh PT. Aqua Golden Mississippi di Indonesia sejak tahun 1973. Selain di Indonesia, Aqua juga dijual di Singapura. Aqua adalah merk AMDK dengan penjualan terbesar di Indonesia dan merupakan salah satu merk AMDK yang paling terkenal di Indonesia, sehingga telah menjadi seperti merk generik untuk AMDK. Di Indonesia, terdapat 14 pabrik yang memroduksi Aqua. Sejak tahun 1998, Aqua sudah dimiliki pula oleh perusahaan multinasional dari Perancis, Danone, hasil dari penggabungan Aqua Golden Mississippi dengan Danone.
Setiap perusahaan memiliki strategi pemasarannya untuk membuat para konsumen. Dan yang terpentng adalah slogan dari perusahaan tersebut agar dapat membuat konsumen tertarik. Aqua selalu menghadirkan slogan-slogan yang mengajak masyarakat untuk mencitai lingkungan. Salah satuhnya seperti berikut :

Saya tertarik dengan slogan dari Aqua tersebut. Memang singkat dari slogan tersebut, namun maknanya sangat berarti. Yang dimaksud pada slogan tersebut bahwasannya semuanya berawal dari kita sendiri dalam melakukan tindakan yang positif. Aqua mengajak masyarakat untuk menjaga lingkungan dengan cara meremukkan botol minum setelah kita menghabiskannya dan membuangnya ke tempat sampah. Manfaat dari tindakan yang dilakukan oleh kita, akan kita rasakan sendiri. Lingkungan menjadi bersih, nyaman, dan yang pastinya dapat mencegah terjadinya bencana banjir. Slogan ini sangat memberikan inspirasi pada diri saya sendiri danpastinya orang lain juga sangat terinspirasi.
Tidak hanya itu saja, saya juga tertarik dengan slogan Aqua dibawah ini :


Slogan tersbut memberitahukan pada masyrakat untuk berhemat dalam menggunakan air. Beberapa masyarakat masih ada yang mandi dengan cara berendam. Padahal hal tersebut sama aja melakukan pemborosan air bersih. Jika kita lihat baik-baik, masih banyak saudara-saudara kita yang sulit dalam mendapatkan air bersih. Jangankan untuk mandi, untuk minum saja mereka membutuhkan perjuangan yang besar. Ada sebagan dari saudara kita yang harus berjalan kaki jauh untuk ke sumber-sumber air bersih, seperti sungai. ada juga beberapa ddari saudara kita harus menunggu hujan turun dan ditampungnya ataupun menunggu pemerintah memberikan bantuan air bersih ke daerah-daerah tersebut. Seharusnya kita bersyukur dengan keadaan kita yang lebih beruntung daripada saudara-saudara kita yang sulit mendapatkan air bersih. Cukup dengan menghemat air bersih yang kita gunakan setiap hari.

Sekian penulisan saya. Semoga bermanfaat bagi yang membacanya. Thanks.

Referensi :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar