Senin, 16 Mei 2016

UTS (Ujian Tengah Semester)



Baik kali ini tulisan saya akan membahas seputar tentang UTS (Ujian Tengah Semester).

Apa Sih Itu UTS?

Di dunia pendidikan, banyak sekali istilah-istilah yang perlu kita pahami dan mengerti. Salah satunya adalah UTS. Kata “UTS” bukanlah kata asing yang didengar oleh kita. Para pengajar maupun pelajar, pasti tahu apa UTS itu. UTS adalah singkatan dari Ujian Tengah Semester. Dari kata ini semua orang tahu bahwa UTS dilaksanakan di tengah semester.

Image result for filosofi ujian tengah semester kuliah

Ujian Tengah Semester (UTS) adalah kegiatan yang dilakukan oleh pendidik untuk mengukur pencapaian kompetensi peserta didik setelah melaksanakan sekitar 8-9 minggu kegiatan pembelajaran. Atau dengan kata lain adalah salah satu kegiatan evaluasi hasil belajar peserta didik. Evaluasi ini adalah pemberian penilaian terhadap kemampuan peserta didik dalam menerima, memahami, dan menguasai bahan studi yang disajikan sesuai dengan kurikulum yang telah ditetapkan, dan menilai perubahan sikap dan keterampilannya. Cakupan UTS tersebut meliputi seluruh indikator yang mempresentasikan seluruh kompetensi dasar pada periode tersebut. Dalam pembuatan soal, Ujian Tengah Semester dibuat oleh dosen yang bersangkutan beserta waktu pelaksanaan mengerjakan soal ujian.
Di tempat saya kuliah, biasanya bobot penilaian yang ditetapkan bagi UTS diserahkan kepada masing-masing dosen. Sebab dosen lebih tahu bagaimana proses mahasiswa mengikuti perkuliahan dari awal hingga akhir. Seringkali dalam penetapan bobot nilai UTS, dirundingkan bersama antara dosen dengan mahasiswanya. Kegiatan tersebut dilakukan saat pertemuan pertama kali. Setelah penetapan bobot nilai UTS disepakati oleh dosen dan mahasiswa, pembelajaran pun dapat dimulai.
UTS sangat berpengaruh terhadap penilaian akhir. Penilaian akhir ditetapkan berdasarkan pembobotan nilai UTS dan UAS. Di temapat saya kuliah, rata-rata UTS diberi bobot nilai 70%, sedangkan UAS diberi bobot nilai 30%. 70% tersebut biasanya bukan hanya dari  nilai murni UTS saja, akan tetapi juga dari hasil pembobotan presensi kuliah, nilai tugas dan quiz.
            Setiap sekolah maupun perguruan tinggi, memiliki prosedur UTS masing-masing. Di tempat saya kuliah, ada beberapa prosedurnya, yaitu :
1.      Mahasiswa masuk ruangan ujian sesuai jadwal yang telah ditentukan, 10 menit sebelum ujian berlangsung;
2.      Mahasiswa menerima soal ujian mata kuliah dan lembar jawaban (bagi mata kuliah yang dibuat dosen dengan menggunakan bentuk tes tulis);
3.      Mahasiswa menjawab soal ujian di lembar jawaban yan diberikan;
4.      Mahasiswa menujukkan Kartu Rencana Studi (KRS) kepada dosen yang mengawasi ujian;
5.      Mahasiswa menandatangani presensi Ujian Tengah Semester;
6.      Mahasiswa menyerahkan hasil ujian saat waktu ujian sudah selesai.


Itulah informasi yang dapat saya berikan seputar tentang UTS. Sekian penulisan saya semoga bermanfaat bagi yang membacanya. Terima kasih J

Tidak ada komentar:

Posting Komentar